Kamis, Juli 03, 2025

PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA

Selamat datang kembali pengunjung setia di AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi. Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi akan share tentang PEMBELAJARAN MENDALAM MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa follow blog ini untuk bisa mengikuti posting selanjutnya.
Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi akan share tentang PEMBELAJARAN MENDALAM MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa follow blog ini untuk bisa mengikuti posting selanjutnya.



Pembelajaran mendalam (Deep Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemahaman yang mendalam dan menyeluruh tentang suatu konsep atau materi pelajaran, bukan hanya sekadar menghafal fakta. Pendekatan ini melibatkan tiga aspek utama: memahami, mengaplikasikan, dan merefleksi. Pembelajaran mendalam bertujuan agar siswa tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga mampu menerapkannya dalam berbagai konteks dan merefleksikan pengalaman belajar mereka.
Follow My Blog

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai konsep pembelajaran mendalam:
1. Memahami (Understanding)
Siswa tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga menginternalisasi konsep, prinsip, dan hubungan antar konsep.
Mereka mampu menjelaskan materi dengan kata-kata sendiri dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah dimiliki.
Contoh: Siswa tidak hanya menghafal rumus luas lingkaran, tetapi juga memahami mengapa rumus tersebut demikian dan bagaimana rumus tersebut dapat diterapkan dalam berbagai situasi.
2. Mengaplikasikan (Applying)
Siswa mampu menggunakan pengetahuan yang diperoleh untuk memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu yang baru.
Mereka dapat menerapkan konsep dan keterampilan dalam berbagai konteks, baik dalam situasi nyata maupun situasi yang dibuat.
Contoh: Siswa tidak hanya memahami konsep energi terbarukan, tetapi juga dapat merancang solusi untuk memanfaatkan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari.
3. Merefleksi (Reflecting)
Siswa diajak untuk memikirkan kembali pengalaman belajar mereka, bagaimana mereka belajar, dan apa yang bisa mereka tingkatkan di masa depan. Proses refleksi membantu mengukuhkan pemahaman dan mengembangkan kemampuan metakognisi (pemahaman tentang proses berpikir). Contoh: Siswa dapat merenungkan kesulitan yang mereka hadapi dalam memahami suatu konsep, strategi belajar yang efektif, dan bagaimana mereka bisa lebih baik dalam belajar di masa mendatang.


Pentingnya Pembelajaran Mendalam:
Mempersiapkan siswa untuk abad ke-21
Pembelajaran mendalam membekali siswa dengan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kemampuan belajar sepanjang hayat yang relevan dengan tantangan di masa depan. Menciptakan pembelajaran yang bermakna
Pembelajaran mendalam membantu siswa memahami hubungan antara pengetahuan dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan menyenangkan. Meningkatkan pemahaman siswa
Dengan pendekatan yang berpusat pada pemahaman dan aplikasi, siswa dapat mencapai penguasaan materi yang lebih mendalam.
Penerapan Pembelajaran Mendalam:
Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning)
Siswa belajar dengan terlibat dalam proyek yang menantang dan relevan dengan kehidupan nyata. Model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning)
Siswa belajar dengan memecahkan masalah yang autentik dan kompleks. Diskusi dan debat
Siswa terlibat dalam diskusi dan debat untuk mempertajam pemahaman mereka tentang suatu konsep. Penggunaan teknologi
Pemanfaatan teknologi dapat mendukung pembelajaran mendalam melalui simulasi, visualisasi, dan akses ke berbagai sumber belajar. Pembelajaran mendalam bukanlah sekadar metode pembelajaran, tetapi merupakan pendekatan holistik yang bertujuan untuk menciptakan siswa yang memiliki pemahaman mendalam, keterampilan yang relevan, dan kemampuan belajar sepanjang hayat


PEMBELAJARAN MENDALAM MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA UNDUH DISINI

Deep Learning dalam Pembelajaran Matematika-oleh Dr. Lia Yuliawati, M.Si UNDUH DISINI

Deep Learning Engage the World Michael Fullan UNDUH DISINI

Paparan_Pembelajaran_Mendalam 2025 UNDUH DISINI

Teori dan Contoh Deep Learning SMP (Long Version)-Wiworo-Widyaiswara BBGP DIY UNDUH DISINI

Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Edisi Revisi Tahun 2024 UNDUH DISINI

Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi akan share tentang Beberapa dokumen terkait Pendidikan, informasi dan tutorial Matematika Tak lupa kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya. Dan jangan lupa FOLLOW blog ini agar bisa mengikuti posting selanjutnya.

SPESIAL POLA INDAH DIBALIK KEUNIKAN MATEMATIKA TAHUN 2025
DOWNLOAD PEMBAHASAN SOAL OSN - K MATEMATIKA SD TAHUN 2025
PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA
MODUL KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL FASE D JENJANG SMP
TES KEMAMPUAN AKADEMIK (TKA) MENURUT PERMENDIKDASMEN NOMOR 9 TAHUN 2025
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN MENURUT PERMENDIKDASMEN NOMOR 10 TAHUN 2025
AGMI SHALMA
Pemenuhan Beban Kerja Guru Dan Rincian Ekuivalensi Tugas Tambahan Lain Guru-Permendikdasmen nomor 11 tahun 2025
Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka Sesuai Keputusan Kepala BSKAP (Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan) Nomor 32 Tahun 2024
Pembahasan Soal OSN-K Matematika SD Tahun 2025 - OPERASI BILANGAN
PEMBAHASAN SOAL OSN - K MATEMATIKA SD TAHUN 2025 - STATISTIKA DATA DAN PENGUKURAN-SERI 1
PEMBAHASAN SOAL OSN - K MATEMATIKA SD TAHUN 2025 - STATISTIKA DATA DAN PENGUKURAN-SERI 2
PEMBAHASAN SOAL OSN - K MATEMATIKA SD TAHUN 2025 - GEOMETRI -SERI 1
PEMBAHASAN SOAL OSN - K MATEMATIKA SD TAHUN 2025 - GEOMETRI -SERI 2

KUNJUNGI yang berikut ini ! dan Dukung kami, dengan cara follow BLOG MGMP MATEMATIKA SMP Kabupaten Ngawi BERSAMA BELAJAR BERBAGI DAN SALING MENGHEBATKAN pada link berikut ini. Terimakasih.
BLOG MGMP MATEMATIKA SMP Negeri Swasta Kabupaten Ngawi

KUNJUNGI yang berikut ini !

PEMBAHASAN ASESMEN SUMATIF AKHIR TAHUN MATEMATIKA SMP KELAS VIII TAHUN 2023 2024 SERI 1 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
MOMEN KEBERSAMAAN DALAM CATATAN HARIANKU BERSAMA IX H 2024 2025 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
CLARISA RATNAMAYA SISWI SMPN 1 NGAWI KELAS 7G RAIH PERINGKAT 2 OLIMPIADE KURVA 2025 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
PEMBAHASAN SOAL OSN MATEMATIKA SD TAHUN 2024 TINGKAT KABUPATEN SERI 1 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
SPESIAL POLA INDAH DI BALIK KEUNIKAN MATEMATIKA TAHUN 2025-OSN BILANGAN BERPANGKAT (Seri 1) SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
TRIKS MENJUMLAHKAN BILANGAN GANJIL BERURUTAN SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
TRIKS MENJUMLAHKAN BILANGAN ASLI BERURUTAN SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
TRIKS MENJUMLAHKAN BILANGAN KUADRAT BERURUTAN SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
SHARING BELAJAR DAN BERLATIH OSN BERSAMA MGMP MATEMATIKA KABUPATEN PACITAN SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
BERKARYA TANPA BATAS USIA SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
BAHAS SOAL OSN MATEMATIKA SMP LINGKUP MATERI EKSPONEN – PART 1 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
BAHAS PERKALIAN 101 DENGAN BILANGAN DUA ANGKA SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
DERET TELESKOPIK - PART 1 SILAHKAN KUNJUNGI DISINI
CONTOH SOAL DALIL STEWART SILAHKAN KUNJUNGI DISINI

Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa FOLLOW blog ini agar bisa mengikuti posting selanjutnya. Good Luck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) TERBARU TAHUN 2025

Selamat datang kembali pengunjung setia di AGMI SHALAMA Bersama Belajar Dan Berbagi Informasi. Pada kesempatan ini AGMI SHALAMA Bersama Bel...